Cara Mencegah Batuk Pilek dan Flu Saat Musim Hujan

Menjaga sistem kekebalan tubuh adalah cara paling efektif untuk mencegah masuk angin dan batuk. Selain itu, musim hujan identik dengan batuk dan pilek. Berbagai penelitian dan penelitian juga mengklaim bahwa virus flu akan berkembang biak dan menyebar lebih mudah pada suhu dingin. Dibandingkan dengan kondisi lingkungan yang hangat, ini meningkatkan risiko pilek dan flu di musim hujan.

Oleh karena itu, terutama dengan anak-anak yang baru masuk semester sekolah, beberapa tindakan pencegahan harus dilakukan agar tubuh tidak masuk angin.Juga untuk orang dewasa yang perlu bekerja dalam kondisi yang sesuai agar pekerjaan dapat dilakukan dengan benar.

Baca Juga : Gelaja Hepatitis B Pada Anak

Cara Mencegah Batuk Pilek saat Musim Hujan

Sebenarnya perubahan cuaca tidak berperan langsung dalam menyebabkan seseorang sakit, namun virus penyebab flu dapat berkembang biak dengan mudah dan menyebar pada suhu udara yang lebih rendah.

Infeksi yang disebabkan oleh rhinovirus dapat menimbulkan pilek ringan. Namun pada kasus yang lebih parah, rhinovirus juga dapat menyebabkan penyakit kronis seperti pneumonia dan bronkitis terutama pada seseorang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah.

Virus ini umumnya akan masuk ke dalam tubuh melalui hidung, namun karena di dalam rongga hidung terdapat mekanisme pertahanan yang dapat membantu tubuh melawan gangguan mikroba maka hidung akan mengeluarkan lendir sebagai salah satu bentuk pertahanan.

Udara dingin saat musim hujan dapat menurunkan suhu di saluran hidung serta memperlambat pembersihan lendir. Akibatnya, virus akan bertahan lebih lama di rongga hidung dan berpotensi lebih besar untuk masuk ke dalam tubuh. Saat virus berhasil masuk ke dalam sistem pertahanan, maka sistem kekebalan tubuh akan mengambil alih melawan virus tersebut.

Baca Juga : Deretan Makanan Yang Menyebabkan Diabetes

Secara umum Sahabat Sehat dianjurkan melakukan berbagai hal berikut untuk mencegah pilek ketika musim hujan tiba, yakni:

Rajin Mencuci Tangan

Cuci tangan dengan benar dan sering merupakan langkah terpenting dalam mencegah penyebaran kuman, virus, maupun bakteri. Dengan menjaga diri Anda sendiri sehat, maka Anda juga turut mengurangi kemungkinan penyebaran kuman ke orang lain. Berikut langkah-langkah mencuci tangan yang direkomendasikan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC):

  • Basahi tangan dan oleskan sabun
  • Busakan sabun ke seluruh permukaan tangan dan gosok sekitar 20 detik
  • Bilas tangan dengan menggunakan air bersih yang mengalir
  • Keringkan tangan dengan udara atau handuk bersih

Pastikan juga untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, merawat luka atau saat terluka, sebelum dan setelah makan, sebelum menyentuh wajah, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hidung, setelah menyentuh binatang, atau setelah menyentuh sampah.

Baca Juga : Mengapa Anak Perlu Imunisasi Rubella?

Gunakan Hand Sanitizer

Air dan sabun mungkin tidak akan selalu tersedia, maka Sahabat Sehat tidak memiliki pilihan lain untuk mencuci tangan selain menggunakan hand sanitizer. Gunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% agar tangan menjadi bersih. Berikut cara penggunaan hand sanitizer yang benar, yakni:

  • Tuang beberapa tetes (gel) atau semprotkan (cair) hand sanitizer ke salah satu telapak tangan
  • Gosok-gosokkan kedua tangan hingga gel tersebut menyebar
  • Gosong hingga hand sanitizer mengering
  • Lakukan gerakan gosok tersebut sekitar 20 detik

Vaksinasi Influenza

Sahabat Sehat mungkin mengira flu hanyalah penyakit ringan, namun perlu diketahui bahwa penyakit ini telah memakan korban hingga puluhan ribu orang setiap tahunnya dan ratusan ribu lainnya dirawat di rumah sakit. Bagi Sahabat Sehat yang memiliki gangguan daya tahan tubuh,  serta berusia lebih dari 65 tahun, dianjurkan mendapatkan vaksin pneumonia untuk memberikan perlindungan terhadap komplikasi yang disebabkan oleh flu.

Vaksin influenza mulai dapat diberikan pada usia 6 bulan keatas. Pada anak berusia kurang dari 8 tahun, pemberian vaksin influenza pertama kali diberikan sebanyak 2 dosis dengan jarak minimal 4-6 minggu. Sementara jika Si Kecil berusia diatas 8 tahun, maka dosis pertama cukup diberikan 1 dosis saja. Pemberian vaksin influenza baik pada dewasa dan anak dapat dilakukan setahun sekali dan menjadi cara mencegah batuk pilek yang sangat direkomendasikan, khususnya saat musim penghujan.

Penuhi Asupan Vitamin

Saat menyadari bahwa tubuh kekurangan vitamin atau mineral tertentu, Sahabat Sehat dianjurkan memenuhi asupan vitamin dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi maupun suplemen yang sesuai dengan kebutuhan tubuh misalnya vitamin C yang dinilai mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin C juga cukup mudah ditemukan di berbagai jenis makanan, seperti buah-buahan dan sayuran. Namun jika dirasa masih kurang, Sahabat Sehat dapat mengkonsumsi suplemen tambahan untuk mencukupi kebutuhan gizi harian.

Baca Juga : Bolehkah Memandikan Bayi Setelah Imunisasi? Cek Faktanya!

Gaya Hidup Sehat

Dengan mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat, maka sistem kekebalan tubuh Sahabat Sehat juga akan tetap sehat. Artinya, tubuh akan menjadi lebih kuat dalam melawan serangan penyakit. Terapkan gaya hidup sehat, seperti mengkonsumsi makan makanan sehat, olahraga teratur, cukup tidur, dan menghindari pemicu stres akan membantu memperkuat sistem pertahanan dan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Minum Air yang Cukup

Cara mencegah batuk dan pilek akibat flu juga bisa dilakukan dengan minum air putih setiap hari. Minum air putih yang cukup setiap hari akan membantu fungsi tubuh Sahabat Sehat dengan baik. Minumlah setidaknya delapan gelas atau 2 liter air sehari. Jika urine berwarna kuning muda berarti Sahabat Sehat sudah cukup minum air putih, jika urine berwarna kuning tua berarti Sahabat Sehat kurang minum air putih.

Orang sehat adalah cara berbeda untuk mencegah pilek dan batuk di musim hujan.Bagi teman-teman sehat yang berminat mendapatkan vaksin flu, segera gunakan layanan Prosehat yang juga menawarkan layanan vaksinasi di rumah.Layanan Prosehat memiliki banyak keunggulan, yaitu:

  • Produk dijamin asli
  • Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  • Tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  • Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  • Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  • Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Add Comment