Makanan Sehat Untuk Anak Sekolah

Usia sekolah adalah waktu yang tepat bagi anak-anak untuk belajar mengenai makanan, aktifitas, dan pola hidup yang sehat. Pada usia ini, anak-anak sudah memiliki kesibukan dalam kehidupan social mereka dan juga sudah dapat memilih sendiri makanan apa yang ingin mereka makan. Gaya hidup dan pola makan mereka tentunya juga terpengaruhi oleh keluarga, lingkungan sosial (teman), dan  juga media (terutama dari televisi). Mengatur makanan sehat mulailah penting dimasa ini.
Anak-anak butuh beraneka ragam jenis makanan agar terbentuk diet yang seimbang. Tingkat aktifitas fisik mereka dalam kesehari-hariannya berhubungan langsung dengan kebutuhan nutrisi mereka. Diet yang seimbang adalah penting karena nutrisi-nutrisi ini dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Ketika anak-anak sibuk beraktifitas, energi yang dibutuhkan lebih banyak sehingga mereka perlu makanan ringan yang sehat agar dapat menyeimbangkan kebutuhan energi tersebut.
“Breakfast is the most important meal of the day”. Pernyataan ini benar karena tidur malam yang nyenyak yang diikuti dengan sarapan pagi keesokan harinya membantu anak anda untuk tetap aktif dan dapat berkonsentrasi di sekolah. Sebisa mungkin anak-anak harus sarapan pagi karena jika tidak, mereka kemungkinan besar tidak mendapatkan cukup energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk sehari-hari. Makanan yang kaya akan karbohidrat seperti roti, gandum, sereal, dan pasta disertai dengan susu, yogurt, atau buah sangat cocok untuk menu sarapan. Selain karbohidrat, makanan-makanan ini juga mengandung serat, kalsium, zat besi, asam folat, dan juga zinc.

Add Comment