Manfaat Vaksin Tifoid Buat Kamu yang Doyan Travelling

Manfaat Vaksin tifoid sangat penting dilakukan sebelum Anda pergi berlibur.Manfaat utama dari vaksinasi tifoid adalah untuk mencegah penyakit tifus setelah kembali dari perjalanan.

Tifoid paling sering terjadi di negara-negara Asia Tenggara, khususnya Pakistan, India dan Bangladesh. Setiap tahun ada hingga 21 juta kasus di seluruh dunia dengan 200.000 kematian akibat tipus. Tingkat penyakit ini tetap tinggi di negara-negara dengan sanitasi yang buruk.

Penularan bakteri tifoid ini bersifat fekal-oral, yaitu feses dari orang yang terinfeksi dapat menular ke orang lain jika masuk ke dalam mulut melalui makanan yang tidak bersih, misalnya.Akses terhadap air bersih juga penting karena meminum air yang terkontaminasi juga dapat menyebabkan infeksi tifoid.

Apa Gejala Tifoid atau Tipes?

Infeksi dari bakteri tifoid yang masuk dari mulut mengikuti jalur saluran cerna tubuh. Tubuh memiliki sistem pertahanan berupa asam lambung dan sistem imun untuk melawan bakteri ini. Namun sistem pertahanan ini tidak selalu dapat menghindari infeksi. Saat sampai di usus, bakteri tifoid menginfeksi usus dan menyebabkan radang sehingga timbul tanda dan gejala yaitu:

  • Demam
  • Nyeri perut
  • Diare atau konstipasi
  • Nyeri kepala
  • Lemas
  • Tidak nafsu makan

Pengobatan untuk penyakit tifoid adalah dengan pemberian antibiotik dan obat lain untuk meringankan tanda dan gejala. Perlu diingat bahwa pemberian antibiotik harus dengan anjuran dan instruksi dokter. Penggunaan antibiotik yang tidak tepat dapat menyebabkan resistensi bakteri tifoid terhadap antibiotik yang membuat antibiotik-antibiotik tersebut tidak berguna.

Selain penanganan harus dilakukan dengan benar, penanganan tipes atau tifoid ini juga harus segera dilakukan. Mengapa? Karena tifoid juga dapat menyebabkan kematian apabila tidak segera ditangani, dan apabila tidak ditangani dengan benar.

Manfaat Vaksin Tifoid Bagi Wisatawan

Penyakit tifoid merupakan sebuah penyakit yang sering ditemukan, namun perlu pengobatan untuk mencegah agar tidak menyebabkan infeksi yang berat. Vaksinasi merupakan salah satu cara untuk mencegah terinfeksi oleh bakteri tifoid. Namun perlu diingat bahwa vaksinasi tidak dapat 100% menghindari infeksi tifoid. Sahabat Sehat juga tetap perlu menjaga kebersihan diri dan makanan yang dikonsumsi.

Adapun beberapa manfaat vaksin tifoid antara lain adalah:

Mencegah Risiko Infeksi Tipes

Walaupun tubuh memiliki sistem pertahanan terhadap infeksi bakteri dan virus, namun risiko infeksi tetap dapat terjadi. Terutama saat imunitas tubuh sedang menurun. Tubuh yang sudah menerima vaksinasi tifoid akan lebih siap terhadap infeksi dari bakteri penyebab tipes sehingga mencegah risiko terkena infeksi tipes.

Gejala Tipes Jadi Lebih Ringan

Kebanyakan penderita tipes/tifus yang tidak divaksinasi akan membutuhkan perawatan serius di rumah sakit. Seseorang yang telah divaksin tifoid masih bisa terkena infeksi tipes. Namun infeksi tipes pada orang yang sudah divaksin tifoid akan menunjukkan gejala yang lebih ringan sehingga kebanyakan dapat beristirahat di rumah saja.

Lebih Cepat Sembuh Jika Terkena Tipes

Selain gejala yang lebih ringan, penderita tipes yang sebelumnya sudah divaksin akan lebih cepat sembuh. Hal ini terjadi karena tubuh sudah siap dan sudah tahu bagaimana cara mengatasi infeksi tipes sesegera mungkin.

Menekan Penyebaran Tipes

Seseorang yang belum divaksin dan kemudian pergi travelling ke daerah yang menjadi endemik bakteri Salmonella berisiko menyebarkan bakteri tersebut kepada keluarga di rumah sepulang berlibur. Namun risiko penyebaran ini dapat ditekan jika wisatawan sudah divaksin, dan akan semakin baik jika keluarga di rumah juga turut sudah divaksin tifoid.

Tetap Sehat Sepulang Liburan

Liburan tentu saja untuk memulihkan diri sebelum kembali bekerja atau sebelum kembali ke sekolah/kampus, namun banyak kasus yang mengharuskan Anda untuk beristirahat total setelah kembali dari liburan karena sakit tifus.

Oleh karena itu, vaksin tifoid sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh setelah kembali dari liburan dan untuk melanjutkan aktivitas sehari-hari dengan baik.The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan vaksin tifoid bahkan untuk teman-teman sehat yang ingin bepergian ke daerah seperti Pakistan, India dan Bangladesh.

Vaksin untuk tifoid sudah tersedia bagi anak maupun dewasa. Saat ini terdapat beberapa tipe vaksin tifoid yaitu:

Typhoid conjugate vaccine (TCV)
Jenis vaksin tifoid yang diberikan untuk usia 6 bulan hingga 45 tahun
Vaksin ini diberikan dalam bentuk injeksi

Unconjugated polysaccharide vaccine (Vi-PS)
Diberikan bagi mereka yang berusia diatas 2 tahun
Vaksin ini juga diberikan dalam bentuk injeksi

Oral live attenuated Ty21a
Hanya diberikan kepada mereka yang berusia diatas 6 tahun
Vaksin ini diberikan dalam bentuk kapsul

Add Comment