Serba Serbi Kulit Bayi

Kulit bayi tentu berbeda dengan kulit pada anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Bagi Anda yang mempunyai bayi atau mungkin baru menjadi ibu, artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda tentang kulit bayi Anda.
Kulit bayi baru lahir dan gejala toksis obat oles
Setelah bayi dilahirkan, maka kulit bayi akan mengalami proses adaptasi atau penyesuaian. Sebagian kulit ari akan terlihat terkelupas. Itu adalah salah satu bentuk adaptasi yang wajar.
Bayi memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami gejala toksis atau keracunan pada penggunaan obat oles. Hal ini disebabkan karena bayi memiliki kulit yang tipis sehingga jika mengoleskan obat atau zat pada kulit bayi tidak perlu tebal-tebal, karena obat itu akan meresap dengan mudah dan cepat. Belum lagi organ-organ yang memetabolisme obat seperti hati dan ginjal belum  berfungsi secara optimal sehingga mengakibatkan sisa metabolisme obat yang bersifat racun lambat untuk dibuang.
Kulit bayi pascamatur
Jika Anda melahirkan bayi di saat usia kandungan lebih dari 40 minggu, maka biasanya bayi ini akan memiliki kulit yang cenderung kering dan mudah mengelupas. Pelembab kulit sangat dibutuhkan bayi Anda. Hindarilah proses memandikan yang terlalu lama (overbathing).

Add Comment